Variable adalah lokasi atau tempat di memori yang
digunakan untuk menyimpan informasi atau data dari sebuah program untuk
selanjutnya dapat diproses.
<>Aturan Penulisan Variabel
1.
Nama variabel tidak
boleh menggunakan kata kunci dari Java Engine seperti main, for,void, switch,class, dll.
2.
Nama variabel tidak
dapat diawali angka (0-9), dan hanya bisa diawaali dengan huruf.
3.
Tidak boleh meggunakan
spasi
4.
Dapat menggunakan
Kombinasi Huruf dan Angka.
5.
Diperbolehkan
menggunakan huruf besar ataupun kecil.
6.
Jika nama Variable
lebih dari dua kata dipisahkan dengan Underscore (_)
7.
Apabila nama variabel
lebih dari 1 suku kata, maka kata ke-2 dituliskan dengan diawali dengan huruf
besar dan seterusnya, contoh namaVariabel, adiaCodingm dll.
8.
Karakter yang hanya
diperboleh menggunakan garis bawah (underscore), dan symbol dollar ($)
B. Tipe
Data
Tipe
Data adalah jenis data yang tersimpan dalam variabel. Tipe data digunakan untuk menentukan jenis nilai atau value yang
akan disimpan ke dalam memori, dan yang akan di proses dalam program. Tipe data
dalam java terbagi menjadi 2 bagian, yaitu tipe data primitif dan tipe data Non
Primitif.
<>Tipe
Data Primitif
Tipe
data primitif merupakan tipe data standar yang tidak diturunkan dari tipe data
lain atau dari objek manapun. Tipe data ini merupakan tipe data yang paling
sering digunakan dalam program Java. Tipe data primitif dapat terbagi menjadi
8 Yaitu :
1.
char: Tipe data karakter hanya menampung 2 nilai yaitu 1 huruf atau
1 simbol. Dengan menggunakan tanda kutip satu (‘ ‘)
2.
Short : Tipe data ini menempati 2 byte dalam memori dan dapat
menyimpan bilangan bulat dan memiliki nilai minimum -32.768 dan nilai maksimum
+32.768.
3.
Long : long memiliki nilai dari -9223372036854775808
sampai 9223372036854775807 dan 8 byte pada memori.
4.
Integer / int: tipe data yang menampung data bilangan bulat
yang memiliki bilangan dari 2147483648 sampai dengan – 2147483647 dan menempati
4 byte dalam memori.
5.
Byte : tipe data yang menampung data bilangan bulat dari range
nilai dari -128 sampai +127 dan menempati 1 byte di memori.
6.
double: Double
adalah tipe data yang dapat menampung tipe data desimal dan memiliki yang nilai
dari -1.7 x 10308 sampai +1.7 x 10308. Tipe data double menempati 8 byte pada
memori.
7.
float: menyimpan
tipe data desimal. Namun, range nilai yang dimiliki double lebih besar
dibandingkan float yang hanya-3.4 x 108 hingga + 3.4 x 108 dan menempati 4 byte
di memori.
8.
boolean: tipe data yang hanya bernilai true dan false
Non primitive data type adalah tipe data yang tidak
terdefinisi secara default (supported) oleh suatu bahasa pemrograman melainkan
didefinisikan sendiri oleh programmer tersebut atau biasannya juga disebut
sebagai referensi objek.
Contoh
dari non primitif data ini adalah array dan Class
a.
Array
: array tersebut memiliki tipe data integer/string/dsb dan bahkan dapat
menggunakan tipe data dari object yang telah kita buat sendiri
·
String: adalah
tipe data untuk teks yang merupakan gabungan huruf, angka, whitespace (spasi),
dan berbagai karakter. Fungsi ini digunakan untuk membuat identifier
String/teks
b.
Class : adalah sebuah
kesatuan yang terintegrasi antara method dan data yang mengacu pada suatu
objek.
<>Format Membuat
Tipe Data
adalah <TipeData><Spasi><Variable>;
Ex : String Nama
; | int 10 dan sebagainya.
**Koreksi jika saya salah (*_*)
ここにコメントしてください ! | Comment Here ! No Bad Word Please Ok !